Cegah Virus Corona, Pemdes bersama Pemuda Pancasila Sediakan Bilik Sterilisasi Bagi Pemudik Warga Gunungjaya

Gunungjaya, Pemerintah Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang menyiapkan bilik sterelisasi untuk pemudik yang baru datang dari luar kota. Sebelum memasuki rumahnya masing-masing dan bertemu anggota keluarganya, mereka wajib masuk bilik sterilisasi untuk disemprot disinfektan,

Kades Gunungjaya Sugeng Riyadi mengatakan bilik sterilisasi dibangun di Komplek Kediaman Bapak Kades yang merupakan pintu masuk utama ke Desa Gunungjaya. Pemdes dibantu Pemuda Pancasila Desa Gunungjaya dan Relawan bekerja bergiliran selama 24 jam. Tak hanya stand by, para petugas juga memantau dan mengawasi kedatangan para pemudik.

Ada sekitar 285 pemudik dari Desa Gunungjaya yang didata oleh masing masing Kepala Dusun yang baru-baru ini pulang kampung, kita langsung arahkan ke bilik sterilisasi,” kata Sugeng Riyadi, Sabtu (28/3).

Usai disemprot, para pemudik juga diperiksa suhu badannya menggunakan alat pengukur, serta sesi wawancara. Ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus covid-19.

Apalagi, mayoritas para pemudik berasal dari Jakarta, wilayah dengan angka positif virus coronanya tertinggi di Tanah Air. “Kita berharap langkah ini bisa memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu,” sambungnya.

Menurut Kabar dari Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pemalang Mardiyanto mengatakan, sampai saat ini tidak ada warga Pemalang yang dinyatakan positif terpapar virus corona. Adapun pasien positif yang dirawat merupakan warga Jakarta.

Meski begitu, Dinkes terus meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat. Serta penyediaan posko gugus tugas covid-19.(AdminDesa)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments