Pemerintah Desa dan Warga Gunungjaya Lakukan Penyemprotan Massal Pencegahan Corona

Gunungjaya– Warga Desa GunungjayaKecamatan Belik Kabupaten Pemalang melakukan penyemprotan disinfektan secara massal pada Senin (30/3/2020) pagi. Penyemptotan tersebut melibatkan seluruh unsur masyarakat yang dikoordinatori oleh pemerintah Desa Babin Kamtibmas dan Babinsa Setempat.

Menurut Kepala Desa Gunungjaya, Sugeng Riyadi, penyemprotan ini dilakukan serentak di semua dusun yang ada di Desa Gunungjaya untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Dengan melibatkan masyarakat di bantu dengan rekan rekan Pemuda Pancasila yang berkeliling dengan menggunakan 2 armada kendaraan mobil colbak.

“Kita lakukan penyemprotan ini secara serentak di 5 (Lima) dusun yang mempunyai 25 (Dua Puluh Lima) RT yang ada disini. Titik-titik yang menjadi sasarannya mulai dari fasilitas umum seperti masjid, musala, sekolah, pos ronda hingga rumah-rumah warga,” ujarnya.

Sugeng Riyadi,mengimbau setiap warga yang baru pulang dari luar daerah harus melaporkan kepada perangkat desa serta mengisolasi diri dirumah selama 14 hari. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap yang bersangkutan. Beliau juga menghimbau ketika pemudik memasuki wilayah gunungjaya untuk melakukan pengecekan dan skrining di posko Covid – 19 di komplek Rumah Kepala Desa yang  merupakan pintu gerbang menuju Desa Gunungjaya, Disana juga menyediakan bilik strelisisi bagi pemudik demi pencegahan penyebaran Virus Covid – 19.

“Saya imbau masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah seperti larangan untuk berkumpul dengan orang banyak, menjaga jarak dengan yang lain dan bagi yang sakit harus memakai masker,” ujar Sugeng.

Sementara itu menurut salah Kepala dusun IV, Ambar Widiharmoko, penyemprotan menggunakan disinfektan ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyebaran virus corona. Apalagi di Desa Gunungjaya sejak beberapa hari terakhir ada beberapa warga yang baru pulang dari luar daerah atau bahkan dari daerah yang berstatus darurat corona. Kemudian warga juga mendapatkan edukasi agar bisa melakukan penyemprotan secara mandiri dan berkala disekitar rumahnya.

“Ini merupakan langkah yang sangat bagus sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Karena kita di desa seperti ini sangat jauh dari rumah sakit rujukan, sehingga langkah pencegahan ini sangat bagus. Mudah-mudahan kedepan langkah preventif seperti ini juga bisa memberikan kesadaran masyarakat terhadap bahaya corona,” tukasnya. ​(AdminDesa)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments