Tes Wawancara Bagi Calon Perangkat Desa Gunungjaya

Sebanyak 17 calon Perangkat Desa Gunungjaya hari ini (29/11/2021) mengikuti  tes wawancara. 17 calon perangkat desa untuk 2 formasi yaitu Kepala Dusun I dan Kepala dusun IV ini merupakan calon yang telah dinyatakan lolos tes kesehatan yang dilaksanakan kemarin (18/11) di Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang. Tidak ada peserta yang dinyatakan gugur dalam tes kesehatan.

Tes wawancara dilaksanakan di sebuah ruangan Kepala Desa dengan di pantau langsung oleh BPD, Pendamping Dari Kecamatan, dan Pastinya Kepala DEsa Gunungjaya. Adapun tim yang bertugas mewawancarai adalah ketua panitia dengan didampingi anggotanya.  Tes dilaksanakan secara bergantian sesuai nomor urut pendaftaran.

Tohlani selaku sekretaris panitia pengangkatan perangkat desa mengatakan tes wawancara ini dilaksanakan secara jujur, transparan dan apa adanya.

Sementara itu kepala Desa Gunungjaya Sugeng Riyadi ketika dikonfirmasi menjelaskan, tes wawancara yang di selenggarakan ini semata-mata bertujuan agar panitia dapat menilai seberapa jauh kesiapan para peserta, mengingat wawancara merupakan satu-satunya tes yang dapat digunakan untuk melihat kepribadian seseorang, karena tim penguji akan langsung berhadapan dengan peserta sehingga dapat dilihat bagaimana para peserta ini menjawab pertanyaan, bagaimana sikap tubuhnya, dan bagaimana cara mereka mengatasi keadaan.

“Kepribadian seseorang bisa dilihat dari cara bicara dan dari setiap jawaban pertanyaan. Sehingga tes wawancara ini sangat menentukan bagi panitia untuk memilih siapa yang layak. Walaupun sebetulnya tes wawancara ini bukan final tetapi dapat dijadikan patokan.” Jelasnya

Bagi calon yang nantinya dinyatakan lolos tes wawancara tentunya harus mempersiapkan diri mengikuti tes pidato, karena bisa dikatakan tes pidato ini memiliki tingkatan yang lebih sulit dari tes wawancara. Menurut Tohlani, tes pidato yang akan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 1 Desember 2021 dan untuk Tes Komputer akan dilaksanakan pada hari Kamis Tatanggal 2 Desember 2021.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping Cart