Bazar Inovasi Produk Olahan Makanan Bersama KKN PPM UNSOED Purwokerto di Gunungjaya

Gunungjaya – Sebagai wilayah pedesaan berbasis pertanian masyarakat Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang menjadi salah satu desa yang mendapat kesempatan menjadi tempat belajar mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Jendral Soedirman (ONSOED) Purwokerto, Tahun 2019.

Mahasiswa KKN PPM UNSOED yang telah melaksanakan kegiatan KKN selama beberapa pekan sejak 22 Februari 2019 dan berakhir 4 Maret 2019. Selama di desa para mahasiswa melakukan berbagai kegiatan di antaranya pengenalan lingkungan, mengajar anak anak usia sekolah serta melakukan pembelajaran kepada masyarakat tentang pemanfaatan hasil pertanian.

Mahasiswa mengajarkan kepada masyarakat bagaimana membuat kreasi makanan yang bisa dimanfaatkan untuk makanan sehari hari dan jajanan anak sekolah. Sebagai salah satu kegiatan mahasiswa KKN PPM UNSOED bahkan menggelar acara Bazar Inovasi Produk Olahan Makanan yang diberi Tema Acara  SEMARAK INOVASI DESA GUNUNGJAYA. Dan juga ada banyak kegiatan yang diagendakan dalam acara tersebut diantaranya :

1. Bazar Inovasi Produk Olahan Makanan

2. Pameran Foto dan Karya Seni

  • Foto Destinasi Wisata
  • Foto Kegiatan Pemerintah Desa Gunungjaya
  • Foto Kegiatan KKN PPM UNSOED
  • Foto Karya Seni Siswa SD
  • Penyuluhan Dari KKN

3. Donor Darah Bersama PMI

4. Pentas Seni Anak-Anak SD se-Desa Gunungjaya

Acara ini dilaksnanakan pada tanggal 28 Februari 2019.

Menurut Hilmi Fauzan selaku Ketua Pelaksana Kegiatan,Acara tersebut merupakan hasil kerjasama antara mahasiswa KKN PPM UNSOED serta pihak Pemerintah Desa Gunungjaya.

Konsep pameran tersebut melibatkan masyarakat di wilayah Desa Gunungjaya dalam pengenalan potensi desa yang bisa diolah menjadi makanan bernilai jual lebih tinggi dan dibandingkan jika hanya dijual dalam kondisi mentah atau belum diolah.

Beberapa hasil Olahan Makanan di Desa Gunungjaya yang sementara ditampilkan seperti Keripik singkong, Keripik pisang, Rempeyek Kacang Hijau, Rengginang, Peyek Abon dsb.

Kreasi berbagai olahan makanan tersebut diakui Hilmi Fauzan merupakan upaya mendorong masyarakat di Desa Gunungjaya untuk meningkatkan nilai tambah dari hasil pertanian dan perkebunan di lingkungan desa.

Disamping Acara Pemeran Produk Olahan Makanan,Dalam Acara ini juga diadakan Donor Darah yang bekerjasama dengan pihak PMI. dan JUga kegiatan lomba-lomba untuk siswa siswi SD di Wilayah Gunungjaya, dan Acara Pentas Seni dari masing-masing SD yang ada di Gunungjaya (AdminDesa).

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments