KKN UNSOED Gelar Pelatihan Pembuatan Selai Nanas di Desa Gunungjaya

Desa Gunungjaya mempunyai potensi yaitu melimpahnya buah nanas yang kurang dimanfaatkan masyarakatnya, dari potensi tersebut sekelompok mahasiswa KKN  Universitas Jendral Soedirman Purwokerto ( UNSOED ) 2019 mengadakan pelatihan pembuatan Selai Nanas bagi Ibu rumah tangga desa Gunungjaya yang di selenggarakan di Beberapa wilayah dusun, seperti Dusun Gantungan, Dusun Penyawungan, Dusun Depok di Desa Gunungjaya Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Dan Kesempatan kali ini pelatihan yang akan di bahas adalah pelatihan di Wilayah I Dusun Depok Desa Gunungjaya.

Program pelatihan ini dilaksanakan pada hari Jumat, (15/1) dan diikuti oleh Ibu – Ibu Rumah Tangga di wilayah Dusun Depok Desa Gunungjaya. Program ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memanfaatkan berbagai macam kegunaan dari buah nanas yang notabene banyak di hasilkan oleh masyarakat desa Gunungjaya, khususnya dusun Depok. Kami menyelenggarakan program pelatihan pembuatan Selai nanas ini untuk meningkatkan nilai jual ekonomi buah Nanas. Ujar ketua pelaksana dari KKN Unsoed.

Program ini dimulai dari pembahasan terkait penghasilan di Desa Gunungjaya yang banyak menghasilkan buah Nanas, kemudian dilanjutkan dengan praktik secara langsung bersama pemateri dan Mahasiswa KKN sehingga diharapkan Ibu – Ibu lebih paham cara pembuatannya. Antusias Ibu – Ibu Wilayah dusun Depok begitu cukup besar.

Kegiatan pelatihan pembuatan selai nanas ini diharapkan dapat memberdayakan Ibu – Ibu di setiap wilayah Dusun Desa Gunungjaya agar lebih produktif, inovatif dan kreatif serta menambah keterampilan ibu rumah tangga dalam mengolah buah nanas menjadi produk olahan yang lebih bervariasi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari, dikembangkan menjadi usaha baru yang mungkin nantinya dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan kesejahteraan perekonomian masyarakat Desa Gunungjaya.

Hasil produk selai nana ini diharapkan dapat berkelanjutan dan nantinya dapat menjadi Produk Oleh – Oleh Khas Desa Gunungjaya, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. (Admin desa)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments