PP Gunungjaya Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Desa Gunungjaya

Gunungjaya, Di tengah kekeringan yang masih melanda kawasan Gunungjaya, Pemuda Pancasila (PP) Desa Gunungjaya, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang dengan di bantu dari KKN 47 IAIN Pekalongan menyalurkan bantuan air bersih untuk warga yang mengalami krisis air. Wilayah yang mendapat giliran penyaluran air bersih dari PP diberikan secara bergilir di masing-masing Dusun di Desa Gunungjaya di bulan Oktober ini. Warga pun berbondong-bondong mendatangi tempat mobil tangki yang memuat air bersih.

Kegiatan sosial yang digelar keluarga besar PP Gunungjaya tersebut mendapat apresiasi dari warga. Pada gerakan ini, PP menyediakan Satu buah mobil tangki bermuatan air bersih yang berkeliling ke pelosok kampung dengan bekerjasa dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Pemalang dan juga KKN IAIN 47 Pekalongan. Puluhan warga menunggu tibanya giliran didatangi tangki air sambil membawa berbagai jenis dan ukuran tempat penampungan air.

“Sejak enam bulan lalu, kami kesulitan mendapatkan air bersih. Sampai sekarang masih kekurangan air karena di daerah kami belum juga turun hujan,” kata Marsono (50), warga Desa Gunungjaya yang ikut mengantre di dekat tangki air. Bersama warga yang lainnya, Marsono rela berpanas-panasan menunggu giliran mendapatkan air.

Di paroh kedua musim kemarau, ujar dia, semua sumber air, baik sumur, mata air, dan sungai debitnya menyusut drastis. Selain itu, air yang mengalir di sungai, kondisinya kotor dan keruh.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak yang telah memperhatikan dan memberikan bantuan air bersih kepada warga yaitu ormas Pemuda Pancasila di Gunungjaya. Selama ini kami mendapatkan air bersih dengan membeli air di dalam galon, harganya mahal,” tutur dia.

Sementara, koordinator kegiatan baksos penyaluran air bersih dari Pemuda Pancasila Gunungjaya, Aldika Pratama yang biasa disapa Mas Aldi menuturkan, dia merasa sedih dan terharu melihat warga yang menunggu dan mengantre sambil membawa jerigen untuk mendapatkan air bersih.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk warga masyarakat desa gunungjaya, walaupun tidak secara rutin bantuan air bersih ini mereka dapatkan. Berbagi bisa menjadi inspirasi pihak-pihak lain untuk turut serta membantu maayarakat dengan memasok air bersih kepada warga yang dilanda krisis air,” ungkap Aldi. (AdminDesa)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *