Desa Gunungjaya Jadi Desa Binaan Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang Tahun 2019

Gunungjaya, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pemalang melaksanakan monitoring desa binaan di Desa Gunungjaya Kecamatan Belik, Rabu (18/9/2019).
Yang dihadiri oleh ibu Bupati Pemalang sebagai ketua TP. PKK kabupaten Pemalang Hj. Irna Setiawati, SE serta bapak Camat Belik Heru Weweg Sembodo beserta Istri dan juga Bapak kepala desa Gunungjaya Bpk Sugeng Riyadi.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang, dalam rangka menjalankan Program Kerjanya dengan melakukan kunjungan, Pembinaan Tertib Administrasi serta Sosialisasi Pembinaan Kelompok UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PKK. Kedatangan Tim Evaluasi dari Kabupaten Pemalang disambut meriah oleh masyarakat desa gunungjaya yang menampilkan berbagai kreasi dari masyarakat yaitu Bazar Produk Unggulan Desa, Gending, Tarian dari Siswa SD, PAUD.

Temu dialog dan Pembinaan ini ditujukan kepada para pengurus PKK Desa dengan tujuan memperbaiki pengelolaan administrasi. Melalui Gerakan PKK adalah Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah pengelolaannya, dengan harapan tentunya, untuk membangun masyarakat sehat dan sejahtera.

Selain itu untuk mendukung 10 kegiatan program pokok PKK dan program kerja PKK ini juga tentu agar dapat berjalan secara optimal.

Dalam pembinaan yang di laksanakan di desa Gunungjaya, dapat dijelaskan beberapa catatan untuk dihadapi bersama antara lain :
1. Tingkatkan sinergitas kegiatan Tim Penggerak PKK antara Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa
2. kita jaga dengan meningkatkan koordinasi, segera menyusun kelembagaan PKK Desa,
3. menyusun rencana kerja Tim Penggerak PKK Desa sesuai hasil pembinaan
4. Menginformasikan, mengkonsultasikan Rencana Kerja TP PKK Desa kepada Kepala Desa melalui Musyawarah Desa agar nantinya diikutkan di Musrenbang Desa.
5. Melaksanakan Tertib Administrasi PKK.
6. Mengadakan pembinaan dan bimbingan mengenai pelaksanaan program kerja,
7. Menyuluh dan menggerakkan kelompok PKK dusun / lingkungan RT, RW dan Dasawisma agar dapat mewujudkan kegiatan Tim Penggerak PKK,
8. Menggali, menggerakkan dan mengembangkan potensi masyarakat, melalui pembinaan dan penyuluhan kepada keluarga-keluarga dalam upaya mencapai keluarga sejahtera.

Selain Binaan Admiistrasi yang dilakukan di Ruang balaidesa,dilakukan juga di berbagai bidang yaitu Posyandu, PAUD, Muslimat, dan Rumah Sehat. Selain memberikan bantuan kepada Masing – Masing Pos yang di Bina, Ibu Bupati Pemalang Hj. Irna Setiawati, SE juga memberikan santunan kepada beberapa anak yatim yang ada digunungjaya. (AdminDesa).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *